7 Aplikasi Penghemat Baterai untuk Android

Posted on

Baterai adalah bagian perangkat smartphone paling penting yang harus ada. Karena tanpa baterai sebuah mobile smartphone tidak akan bisa menyala. Dan otomatis tidak bisa menjalankan aplikasi seperti biasanya.

Namun, permasalahan yang sering terjadi adalah baterai boros/cepat habis. Sehingga baterai kamu tidak bisa bertahan lama untuk menjaga smartphone kamu tetap menyala.

Sponsored

Tahukah kenapa baterai yang kamu pakai boros/cepat habis? Itu di sebabkan karena banyaknya aplikasi yang berjalan di belakang layar sehingga memakan banyak resource CPU dan RAM, otomatis konsumsi daya baterai jadi besar sehingga baterai menjadi boros walau kamu sendiri tidak melakukan aktivitas dengan handphone kamu.

Untuk mengatasi hal itu kamu bisa menggunakan aplikasi penghemat baterai untuk Android yang harus kamu instal di smartphone kamu.

Baca juga: 2 Aplikasi Pendingin untuk Android

Berikut 7 Aplikasi Penghemat Baterai untuk Android:

1. DU Battery Saver丨Power Doctor

Aplikasi penghemat baterai - DU Battery Saver

DU Battery Saver ini menurutku aplikasi penghemat baterai terbaik tahun ini. Apps ini dibuat oleh DU Apps Studio. Aplikasi ini mengklaim mampu menghemat baterai hingga 50% dan mampu memperpanjang usia baterai.

Kamu bisa meng-upgrade ke versi PRO untuk mendapatkan penghematan hingga 70%. Selain itu juga terdapat beberapa fitur untuk mengatur jalannya aplikasi yang boros daya baterai.

Unduh DU Battery Saver di Google Play™

2. Battery Doctor (Battery Saver)

apps penghemat baterai - Battery Doctor

Aplikasi ini dari pengembang Cheetah Mobile Inc. Satu produk dengan Clean Master. Apps ini mendukung 19 bahasa, memberikan informasi baterai secara detail. Banyak sekali fitur bermanfaat yang bisa kamu nikmati antara lain:

  • Defend your Juice : Kamu bisa mencari tahu aplikasi mana saja yang paling banyak menggunakan daya baterai dan kamu bisa mematikannya.
  • Accurately Estimates Remaining Battery Time : Memberitahu berapa lama baterai akan bertahan dengan berbagai situasi (bermain game, wifi on atau off, dll)
  • Professional Charging : Battery Doctor mengatur cara di mana perangkat kamu dibebankan dengan 3 tahap sistem Pengisian unik untuk memastikan baterai kamu mendapatkan pengisian maksimal dan mengingatkan kamu untuk tidak mengisi daya baterai secara berlebihan. Ia juga memiliki fitur yang dapat memantau dan mengatur konsumsi daya.
  • Widget Included : Widget Task Killer akan mengoptimalkan konsumsi daya baterai dengan cepat. Widget 4×1 membuatnya lebih mudah untuk mengelola Wifi, data, Brightness, dll, dan mengatur mode hemat daya.

Unduh Battery Doctor di Google Play™ Store

3. GO Battery Saver & Power Widget

Aplikasi penghemat baterai - Go Battery Saver

Go Battery Saver di kembangkan oleh GO Launcher EX. Kalau kamu sering memakai produknya Go Launcher pasti kenal. Aplikasi ini mempunyai fitur utama, mode penghematan, penghematan pintar, toggle control, uji coba daya.

Unduh Go Battery Saver di Google Play™ Store

4. Easy Battery Saver

Aplikasi Easy Battery Saver

Aplikasi ini mempunyai empat mode penghematan: General Saving Mode (Mode hemat umum), Intelligent Saving Mode (Mode hemat cerdas), Super Power Saving Mode, Advanced Customized Mode.

5. Deep Sleep Battery Saver

Deep Sleep Battery Saver - aplikasi baterai

Aplikasi dari AntTek Mobile ini mempunyai grafis yang sangat keren. Minimalis dari elegant dengan warna orange. Tapi untuk fitur juga tidak kalah keren, banyak sekali fitur yang di sediakan.

Fitur Deep Sleep Battery Saver:

  • Ada 5 profil yang sudah di sediakan, Gentle, Balance, Strong, Aggressive, Slumberer.
  • Custom Profil (PRO) – Profil  ini untuk penggunakan yang sudah berpengalaman. Jika kamu membutuhkan kustomisasi lebih, pilih profil ini dan segera lakukan modifikasi.
  • General settings : Screen off delay, Whitelist, Ingored recent apps, Use APN settings, Check background data, Traffic threshold & traffic sampling frequency.
  • Dan mendukung banyak bahasa
  • Dan masih banyak lagi.

Unduh Deep Sleep Battery Saver di Google Play™ Store

6. Avast Battery Saver

Avast Battery Saver

Dengan popularitasnya terhadap software antivirus yaitu Avast, disini mencoba untuk memanjakan pengguna Android dengan kehadiran aplikasi penghemat baterai tersebut. Dari situs Google Play™ yang telah menerangkan bahwa aplikasi ini mampu menghemat daya baterai hingga 20%. Dan dengan kontrol penggunaan yang mudah kamu mampu mengatur jalannya aplikasi yang tidak diperlukan di perangkat kamu.

Download Avast Battery Saver via Google Play™

7. 360 Battery Saver

Aplikasi Penghemat Batrai 360 Battery

Aplikasi penghemat baterai gratis ini juga satu developer dengan aplikasi 360 Security Lite. Untuk aplikasi 360 Battery Saver sendiri mempunyai fungsi untuk menghemat baterai dengan menghentikan beberapa aplikasi yang tidak diperlukan, serta mengurangi konsumsi daya baterai pada perangkat hardware salah satunya dengan meredupkan layar.

360 Battery Saver juga mampu memonitoring jalannya aplikasi terhadap penggunaan daya baterai, yang secara langsung kamu bisa mematikan aplikasi yang memakan daya baterai tinggi. Selain itu kamu juga bisa mengetahui suhu pada baterai dan sisa waktu pemakaian baterai.

Di dalam aplikasi ini juga terdapat fitur Quick Charge untuk mempercepat waktu pengisian baterai dengan cara memfokuskan daya pengisian yang masuk hanya untuk mengisi daya baterai.

Download 360 Battery Saver via Google Play™

Dengan beberapa aplikasi penghemat baterai diatas kamu tidak perlu khawatir lagi dengan masalah baterai kamu. Apps diatas akan menjaga kestabilan pemakaian daya baterai dan mengontrol aplikasi yang menggunakan daya cukup banyak. Dengan melakukan hemat baterai secara tidak langsung kamu sudah memperpanjang umur baterai yang dipakai.

Kamu juga bisa mencoba menggunakan aplikasi pendingin untuk smartphone kamu agar selalu tetap dingin, biar tidak overheating.