5 Aplikasi Screen Capture Android

Posted on

Aplikasi pengambil gambar layar atau biasa disebut aplikasi screen capture Android, merupakan aplikasi yang sangat berguna untuk mengambil screenshot ponsel. App screen capture paling sering digunakan untuk membuat tutorial-tutorial tentang penggunaan sebuah aplikasi atau mengambil gambar ketika bermain, seperti game Clash of Clans (COC).

Sebenarnya di smartphone Android sudah disediakan fitur screenshot, seperti ponsel Samsung yang hanya dengan menekan tombol Home dan Power secara bersamaan. Tapi tidak semua produsen smartphone menyediakan fitur ini.

Sponsored

Untuk mengatasi hal itu, kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yang mampu mengambil screenshot ponsel dan dengan fitur yang lengkap. Seperti menambahkan tulisan di hasil screenshot.

Berikut Aplikasi Screen Capture Android:

1. Screenshot

Aplikasi Screenshot Android

Dengan aplikasi ini kamu bisa mengedit gambar screenshot yang kamu ambil, seperti menambahkan teks, membuat gambar mosaic, dan memotong gambar (croping). Tapi, apps ini hanya bisa digunakan di ponsel Android yang sudah di root. Jika Android kamu belum di root, baca tutorial root Android.

Google Play™: Unduh Screenshot

2. Capture Screen Plus

Aplikasi Capture Screen Plus

Mencari aplikasi yang mudah di gunakan memang susah. Tapi tidak untuk aplikasi ini, Capture Screen Plus aplikasi sederhana yang mudah digunakan. Ada 4 fitur ada di aplikasi ini, yaitu:

  • Select Directory, untuk memilih tempat penyimpanan gambar Screenshot
  • Name Image File, untuk memberi nama sebelum gambar di simpan
  • Save, Discard and/or Share, untuk menyimpan, dan membagikan gambar screenshot
  • Light and Dark themes, kamu bisa memilih warna tema yang di inginkan

Tapi, jika versi Android kamu dibawah 4.0 dan belum di root, maka aplikasi ini tidak bisa berjalan. Jadi harus di root dulu

3. Easy Screenshot (capture/memo)

Easy Screenshot aplikasi Android

Dengan aplikasi ini kamu bisa mengecilkan gambar screenshot dan menetapkan format gambar menjadi PNG atau JPEG. Tidak hanya itu saja, Easy Screenshot juga bisa mengubah rasio kompresi JPEG dan mengurangi ukuran file.

Google Play™: Unduh Easy Screenshot

4. Screenshot – Enjoy Developer

Screenshot App Android

Tidak banyak fitur yang diberikan, tapi aplikasi ini sangat mudah digunakan. Caranya dengan menekan tombol Power dan Volume-Down secara bersama dan tahan selama 2 detik. Hasil screenshot secara default di simpan di SD card. Ukuran aplikasinya hanya 1.4 MB dan bisa berjalan di sistem operasi Android versi 4.0 keatas.

Google Play™: Unduh Screenshot – Enjoy Developer

5. OK Screenshot

OK Screenshot

OK Screenshot dibuat oleh developer GO Launcher Dev Team. Ukuran aplikasi ini hanya 497 KB. Namun untuk menjalankan aplikasi ini membutuhkan hak akses root. Jadi Android kamu harus sudah di root jika ingin memakai OK Screenshot. Cara menggunakannya sama seperti aplikasi diatas.

Google Play™: Unduh OK Screenshot

Rata-rata aplikasi screen capture Android diatas membutuhkan hak akses root untuk dapat menggunakan aplikasinya. Kamu bisa membaca artikel ini Cara Root Android. Selamat mencoba!

[infobox style=”alert-shadow”]Baca juga: 6 Aplikasi Perekam Layar Android[/infobox]