Apa Penyebab Selalu Lag Ketika Main Clash of Clans dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Posted on

Pada dasarnya Clash of Clans bukanlah game yang berat. Clash of Clans masih termasuk game yang ringan, sehingga bisa di mainkan di semua smartphone low-end maupun high-end sekalipun. Tetapi kenyataannya banyak yang mengeluhkan kenapa Clash of Clans sering nge-lag, hang, bahkan di rasa berat.

Bahkan saya sendiri sering mengalami hal itu. Tetapi jika di lihat dari segi hardware smartphone yang saya pakai, RAM pada smartphone saya cukup besar yaitu 665 MB. Sedangkan Clash of Clans sendiri hanya memakai RAM sebesar 130 MB.

Sponsored

Clash of Clans Lag dan Hang

Lalu apa penyebab Clash of Clans Lag dan Hang?

Ada tiga faktor yang bisa menyebabkan lag dan hang, diantaranya:

  1. Koneksi Internet yang tidak stabil (sering putus-nyambung)
  2. Banyak aplikasi yang berjalan di belakang layar
  3. Entropy Pool membeku (freeze)

Penjelasan dan Cara Mengatasinya

1. Koneksi Internet tidak stabil

Ketika koneksi Internet putus-nyambung menyebabkan semua aplikasi yang terhubung ke Internet, seperti aplikasi Facebook, BBM, Twitter, Whatsapp, dan Line merestart secara otomatis. Sehingga menyebabkan penggunaan RAM tiba-tiba meningkat dan terjadi lag.

Dan ketika peningkatan RAM sangat drastis, maka hang yang akan kita alami.

Cara Mengatasi..

Internet itu urusan provider operator, kita tidak bisa melakukan apa-apa. Kecuali jika berani datangilah kantor provider dan keluhkan jika Internet di daerah kamu sering putus-nyambung.

atau cara ini juga bisa di coba..

Sebelum memainkan COC, cari tempat yang kamu rasa paling lancar internetnya. Setelah ketemu duduk atau tiduran sambil makan cemilan. Biar seru ajak teman-temanmu. :D

2. Banyak aplikasi yang berjalan di belakang layar

Yang di maksud aplikasi berjalan di belakang layar adalah aplikasi yang masih berjalan walaupun kita sudah tidak membuka atau menggunakannya. Dan aplikasi itu masih terus memproses tanpa kita tahu.

Contohnya, aplikasi Facebook yang masih berjalan di belakang layar dan selalu mengecek apakah ada notifikasi di akun kita. Begitu juga dengan aplikasi lainnya seperti BBM, Twitter, dan lainnya.

Jika aplikasi yang berjalan di belakang layar terlalu banyak maka penggunaan RAM juga pasti akan banyak. Apalagi dengan koneksi yang tidak stabil seperti yang di jelaskan di atas.

Cara Mengatasi..

Matikan aplikasi-aplikasi yang menurut kamu tidak begitu perlu. Seperti Line, WeChat, Twitter, atau Path yang pasti jarang kamu pakai. Atau jika perlu hapus (uninstall). Dari pada tidak perlu bahkan jarang di pakai mending di hapus, ‘kan?

Untuk menghentikan aplikasi silahkan masuk ke Pengaturan > Manajer Aplikasi lalu pilih aplikasi yang akan kamu hentikan, setelah itu tekan tombol Paksa berhenti.

Jika ingin lebih mudah gunakan aplikasi Task Killer yang bisa langsung kamu download di Play Store.

3. Entropy Pool membeku

Entropy bisa di ibaratkan sebagai proses Read Random Data (pembacaan data acak). Ketika Android melambat dari biasanya, yang terjadi adalah karena terbatasnya proses Read Random Data dari sumber random data (Entropy Pool). Proses ini akan membuat lag apalagi ketika pembacaan Read Random Data dilakukan secara berulang. Akibatnya, Android pun mengalami hang.

Jika Entropy Pool membeku, kita akan sering mengalami hal-hal seperti itu.

Cara Mengatasi..

1. Menggunakan Aplikasi Seeder

Kamu bisa menginstal aplikasi Entropy Generator yang bernama Seeder. Aplikasi ini akan meningkatkan entropy pada sistem Android kamu. Sehingga kamu tidak akan melihat lagi lag dan hang. Silahkan baca Mengatasi Lag Dengan Aplikasi Seeder

Setelah menginstal aplikasi ini rata-rata Entropy Android kamu sebelumnya hanya 2000 sekarang bisa menjadi 3000 lebih. Tetapi untuk menggunakan aplikasi Seeder, Android kamu harus sudah di root.

cara mengatasi lagi dengan Seeder

2. Menggunakan GameBooster

Ada 4 level mode yang bisa di pilih untuk meningkatkan performa smartphone dalam bermain game. Dan masing-masing level mode memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri.

Berikut 4 jenis mode dalam GameBooster:

  • ULTRA Gaming digunakan jika game yang kamu mainkan sangat berat atau sering Lag tetapi baterai menjadi sedikit boros
  • Hard Gaming digunakan untuk memainkan game 3D. Mode ini tidak akan membuat ponsel menjadi panas dan akan lancar main game
  • Balanced Gaming digunakan untuk mengatasi lag dan hemat battery
  • Light-Longer Gaming digunakan jika game yang kamu mainkan tidak terlalu berat atau jenis game casual, seperti Angry Bird, Fruit Ninja, dan lainnya.

Untuk cara menggunakannya silahkan baca di artikel ini Cara Menggunakan GameBooster

Dengan mengetahui penyebabnya kita bisa mengatasinya walaupun dengan cara-cara sederhana.

Apakah kamu punya tips lainnya mengenai masalah ketika bermain Clash of Clans? Atau kamu punya masalah dan kendala tentang game ini, silahkan tulis di komentar. Siapa tahu bisa saya bantu.