Cara Menggunakan SD Booster

Posted on

SD Booster adalah aplikasi Android yang digunakan/mempunyai fungsi untuk menambah kecepatan pembacaan SD Card terhadap file-file yang ada di dalamnya. Jadi jika kamu merasa pembacaan kartu SD kamu sangat lambat, kamu bisa menggunakan aplikasi ini untuk mempercepat SD Card kamu.

SD Card

Sponsored

Aplikasi SD Booster di kembangkan oleh Daniel Mehrmann (Akusari). Apps ini sudah banyak digunakan di kalangan pecinta Android. Banyak fitur dan keunggulan yang bisa kamu dapatkan jika kamu menggunakan apps ini.

Fitur SD Booster:

  • Framework MMC untuk mendukung SD Card internal dan SD eksternal
  • Mempercepat SD card internal dan eksternal
  • Mengkonfigurasi setiap SD-Card / SD-Memory terpisah
  • Fitur untuk menjalankan apps di start (boot)
  • Monitoring
  • Sistem notifikasi
  • Mendukung banyak bahasa

Bagaimana Menggunakan SD Booster?

Sebenarnya cara menggunakan sd booster ini sangat mudah. Tapi banyak juga yang belum tahu cara menggunakan dan mengatur/setting sd booster ini.

Catatan:

Syarat untuk menggunakan aplikasi ini ialah handphone android kamu harus sudah di root. Jika belum kamu bisa membaca tutorial ini Cara root dengan FramaRoot atau 2 Aplikasi Root Android.

Berikut Cara Menggunakan dan Pengaturannya:

  1. Download SD Booster di Play Store dan instal
  2. Buka aplikasinya, jika muncul info Lincense, tekan tombol centang
  3. Atur nilai dan pengaturannya seperti screenshot dibawah ini dan jika sudah restart smartphone kamu
Pengaturan SD Booster - Screenshot
Pengaturan SD Booster – Screenshot

Untuk nilai cache seperti ditunjukan nomor 3 pada gambar, bisa kamu ganti-ganti sesuai kebutuhan. Disarankan nilainya 512, 1024 atau 2048.

Bagaimana Mengecek SD Booster Bekerja atau Tidak?

Sebenarnya untuk mengetahui bekerja atau tidaknya SD Booster ini kamu harus membandingkan kecepatan pembacaan suatu file sebelum dan sesudah menggunakan SD Booster.

Berikut Cara Mengecek SD Booster:

1. Sebelum Menggunakan SD Booster

  • Buka menu Galeri gambar
  • Buka salah satu album yang mempunyai gambar banyak
  • Lihat seberapa cepat sampai gambar muncul semua, biasanya proses ini lama. Tapi kadang-kadang cepat.

2. Setelah Menggunakan SD Booster

  • Buka menu Galeri gambar
  • Buka album gambar yang sebelumnya dibuka tadi
  • Dan lihat semua gambar bisa muncul dengan cepat tanpa harus menunggu lama

Jika semua gambar yang ada di Galeri bisa muncul dengan cepat, berarti SD Booster kamu bekerja dengan baik. Setelah itu masukkan aplikasi ini di Daftar Abaikan/White List pada aplikasi task killer atau aplikasi lainnya jika kamu menggunakannya. Intinya jangan sampai aplikasi ini berhenti tiba-tiba atau berhenti karena di killer (dihentikan) aplikasi lain. Jika kamu tidak memakai aplikasi sejenis, abaikan langkah ini.

Cara Kerja SD Booster

Cara kerjanya dengan memperbesar nilai cache dari setiap Sd card internal maupun eksternal, karena default nilai cache dari SD Card hanya 128 KB. Dengan memperbesar nilai cache dari sd card/kartu memori ini maka kemampuan kinerja dari sd card dalam melakukan pembacaan dan mengeksekusi perintah bisa cepat.

Itulah cara menggunakan SD Booster untuk mempercepat dan meningkatkan kinerja kartu memori kamu. Jika ada yang di tanyakan atau bingung dengan langkah-langkahnya, bisa kamu tulis di kotak komentar di bawah.

Baca juga: Cara Mengatasi Lag di Android Dengan Aplikasi Seeder