8 Cara Menghemat Baterai Smartphone Agar Tidak Boros

Posted on

Cara menghemat baterai Smartphone merupakan hal biasa yang sering kita dengar. Tetapi yang kita tahu, tips – tips yang kita dengar atau kita baca terlalu ekstrim. Kenapa harus mematikan aplikasi latar belakang, kurangi volume dering, redupkan layar? Kenapa tidak di matikan saja smartphone-nya? Itu menghemat baterai atau menyiksa diri? Sebenarnya kamu tidak perlu melakukan hal – hal ekstrim seperti itu.

Untuk cara menghemat baterai Smartphone yang benar kamu cukup lakukan beberapa tips berikut ini agar baterai Smartphone kamu tidak boros.

Sponsored

Cara Menghemat Baterai Smartphone Agar Tidak Boros

1. Mematikan WiFi, Bluetooth, dan GPS

Switch off
via pixshark.com

Sebaiknya matikanlah fitur – fitur seperti ini jika tidak digunakan. Karena jika masih aktif dan tidak digunakan akan menyebabkan pemborosan daya yang tidak berguna. Karena fitur seperti WiFi ini akan terus mencari sinyal jaringan yang sebenarnya tidak kita perlukan.

GPS sangat efektif digunakan ketika kamu sedang dalam perjalanan untuk penunjuk arah. Tetapi jika tidak berada dalam perjalanan, sebaiknya matikan fitur ini.

2. Matikan Fitur Getar (vibrate)

Cara Menghemat Baterai Smartphone
via www.prepayasyougo.co.uk

Kenapa harus menggunakan fitur getar jika suara ringtone masih terdengar keras dengan jelas? Maka dari itu sebaiknya matikan fitur ini, karena fitur ini membutuhkan daya baterai lebih banyak dibandingkan ringtone biasa.

Dan sebaiknya gunakanlah di saat yang benar – benar membutuhkan fitur getar ini. Seperti ketika sedang rapat dan ponsel dalam keadaan silent.

3. Menutup Aplikasi Yang Sudah Tidak di Pakai

Menutup Aplikasi Recent Apps
via wonderhowto.com

Salah satu cara menghemat baterai Smartphone yang lain yaitu dengan menutup aplikasi yang sudah tidak di pakai. Jika kamu sering menutup aplikasi dengan menekan tombol Home, itu cara yang salah. Karena jika kamu langsung menekan tombol Home, itu bukan menutup aplikasi tetapi me-minimize (menutup sementara) tapi sebenarnya aplikasinya masih berjalan. Maka dari itu, biasakan menutup aplikasi dengan menekan tombol back.

Untuk menutup aplikasi yang masih berjalan, kamu tutup melalui Recent Apps. Tetapi tidak semua aplikasi harus kamu tutup. Tutuplah aplikasi yang benar – benar sudah tidak kamu pakai lagi. Sedangkan aplikasi yang masih sering kamu pakai tidak perlu ditutup.

Jika kamu tutup malah bukan menghemat baterai, tapi malah bikin boros. Karena ketika kamu ingin membuka aplikasinya lagi, aplikasi tersebut akan membutuhkan usaha yang lebih besar dan membuat baterai dan performa Android menjadi lebih buruk.

4. Mematikan Koneksi Internet

Tips Menghemat Baterai Android
via www.itpro.co.uk

Koneksi Internet merupakan yang paling banyak menggunakan daya baterai. Jadi kamu bisa mematikan koneksi Internet jika perlu. Tetapi ada beberapa orang yang membutuhkan koneksi Internet untuk mendapatkan notifikasi seperti Email, dan Chat. Biasanya orang tersebut seorang pebisnis. Jika kamu orang seperti itu, tidak perlu mematikan koneksi Internet.

5. Matikan Live Wallpaper

Flowers Live Wallpaper valentine

Jika kamu menggunakan Live Wallpaper, sebaiknya ganti dengan wallpaper statis. Selain bisa menghemat baterai, wallpaper statis juga bisa menghemat RAM Smartphone kamu.

6. Matikan Fitur Sync

Sinkronisasi
via www.codetwo.com

Matikan fitur sinkronisasi ini, karena fitur ini tidak terlalu dibutuhkan untuk kegiatan yang realtime.

7. Kurangi Tingkat Kecerahan Layar

Aplikasi Pelindung Mata - Bluelight Filter for Eye Care

Cara menghemat baterai smartphone dengan mengurangi intensitas kecerahan layar juga sangat efektif. Atur dan sesuaikan kecerahan layar ponsel kamu, tetapi jangan sampai terlalu redup. Nanti malah mata kamu yang sakit.

8. Menginstal Aplikasi Penghemat Baterai

apps penghemat baterai - Battery Doctor

Aplikasi penghemat baterai juga sangat bagus jika di instal di Smartphone Android kamu. Dengan aplikasi ini kamu bisa mengatur atau menggunakan beberapa profil yang sudah disediakan dengan sekali sentuh. Atau kamu bisa mengatur jadwal profil penghematan mana saja yang akan aktif di jam – jam tertentu. Kamu bisa membaca ulasan beberapa aplikasi penghemat baterai terbaik di sini.

Itulah beberapa tips cara menghemat baterai smartphone yang baik yang bisa kamu coba. Jika sudah menerapkan tips diatas tetapi masih boros, sebaiknya kamu membawa sumber daya cadangan seperti Power Bank atau selalu sedia charger.