5 Cara Merawat Baterai Smartphone Yang Benar

Posted on

Cara merawat baterai smartphone yang benar sebenarnya mudah, hanya saja tidak banyak yang tahu atau memang sengaja mengabaikannya. Sebenarnya ini hal sepele yang tidak boleh kita abaikan jika menginginkan baterai smartphone awet/tidak cepat rusak.

Mengapa harus merawat baterai? Karena baterai merupakan komponen terpenting yang ada di ponsel. Jika baterai yang di pakai tidak dalam kondisi baik, sama saja tidak berguna. Oleh karena itu sebaiknya kamu merawat baterai smartphone dengan beberapa tips berikut ini.

Sponsored

Cara Merawat Baterai Smartphone Yang Benar

1. Jangan Sampai Daya Baterai Habis Total

Cara Merawat Baterai Smartphone Yang Benar

Jika dulu kita sering mendengar “agar baterai tahan lama sebaiknya gunakan baterai sampai habis total baru di charging sampai penuh“, mulai sekarang kamu jangan lakukan hal seperti itu jika baterai yang kamu pakai bukan dari bahan dasar Nikel. Karena rata – rata saat ini baterai yang di pakai untuk smartphone sudah menggunakan Lithium-ion. Jadi perlakuannya pun berbeda.

Agar baterai awet tahan lama, sebaiknya jangan biarkan baterai kehabisan daya sampai 0%. Sebaiknya sisakan 20% – 50% sebelum di isi ulang. Tetapi kamu tetap harus mengosongkan baterai sampai 0% untuk melakukan kalibrasi yaitu setiap 3 bulan sekali atau lebih.

Baca juga: 8 Cara Menghemat Baterai Smartphone Agar Tidak Boros

2. Hindari Mengisi Ulang Semalaman atau Seharian

Tanda Baterai Smartphone Harus Segera diganti

Mengisi ulang baterai dari malam sampai pagi merupakan waktu yang pas, karena smartphone lepas dari kegiatan si pengguna. Tetapi hal itu sangat tidak baik, karena baterai akan mengalami panas berlebih dan kelebihan daya. Sehingga umur pemakaian baterai akan berkurang. Dan parahnya lama – lama baterai bisa menggelembung dan meledak.

Jika daya baterai sudah penuh, sebaiknya lepas charger dari stop kontak. Meskipun sudah ada smartphone yang otomatis menghentikan pengisian daya ketika baterai sudah penuh. Hal ini untuk menghindari kebiasaan buruk mengisi daya berlebihan.

3. Jaga Suhu Baterai

Menjaga Suhu Baterai

Suhu ideal untuk menyimpan baterai smartphone dalam suhu ruangan berkisar antara 15 – 40°C. Dan hindarkan baterai atau smartphone dari paparan panas secara terus menerus.

Hentikan sejenak penggunaan smartphone jika kamu merasa smartphone kamu terlalu panas. Hal ini untuk menghindari panas berlebih yang terjadi pada baterai kamu. Jika baterai sering panas akan menyebabkan cepat nge-drop.

Baca juga: Aplikasi Pendingin Android Terbaik

4. Menggunakan Charger Asli

Menggunakan Charger Asli

Menggunakan charger asli juga merupakan cara merawat baterai smartphone yang benar. Jangan suka mengisi baterai dengan charger yang bukan aslinya. Karena spesifikasi charger smartphone kamu berbeda dengan charger lainnya. Seperti tegangan dan arus yang dibutuhkan untuk mengisi daya baterai kamu. Jangan sampai tegangan dan arus yang dibutuhkan melebihi atau berkurang dari yang seharusnya. Bisa – bisa baterai kamu yang malah jadi korbannya.

5. Hindari Mengisi Daya Sambil Menggunakan Smartphone

Hindari Mengisi Daya Sambil Menggunakan Smartphone
via http://www.techieapps.com/

Mengisi baterai sambil bermain game memang asyik. Tetapi hal itu bisa menyebabkan panas berlebih pada baterai kamu. Karena hanya mengisi daya saja sudah menyebabkan panas pada baterai, apalagi ditambah bermain game.

Itulah beberapa tips cara merawat baterai smartphone yang benar yang bisa kamu coba. Perlakukan baterai ponsel kamu dengan baik dan jaga kondisinya agar tidak mudah rusak.