Cara Merekam Layar Android Menjadi Video Dengan Shou.TV

Posted on

Cara merekam layar Android menjadi video sangat mudah sekali. Karena kamu cukup menggunakan aplikasi perekam layar yang tersedia di Play Store. Banyak aplikasi gratis dan berbayar yang bisa kamu gunakan untuk merekam aktivitas di layar ponsel Android kamu.

Banyak aktivitas yang bisa kamu rekam dengan aplikasi ini, seperti ketika kamu bermain game, membuat tutorial, atau membuat presentasi. Aplikasi yang di pakai bernama Shou.TV.

Sponsored

Fitur lain Shou.TV yaitu bisa merekam permainan game secara live streaming. Jadi kamu bisa memamerkan keahlian kamu dalam bermain game secara live streaming.

Tetapi sebelum menggunakan aplikasi ini, pastikan Android kamu sudah dalam keadaan ter-root. Jika belum, kamu bisa baca Cara Root Android.

[infobox style=”alert-shadow”]Baca juga: Cara Merekam Layar Dengan Aplikasi SCR Pro[/infobox]

Berikut Cara Merekam Layar Android Menjadi Video

1. Download Shou.TV dan Instal

2. Buka aplikasinya, lalu login. Bisa dengan Facebook, Google, dan Twitter.

3. Setelah login, akan masuk ke aplikasi. Jika ada tulisan minta ijin root, pilih [highlight style=”label-default”]Allow[/highlight] atau [highlight style=”label-default”]Grant[/highlight]

4. Pilih menu [highlight style=”label-default”]Setting[/highlight] kemudian pilih [highlight style=”label-default”]Record Screen[/highlight], untuk mengatur beberapa pengaturan yang di perlukan.

cara merekam layar Android

5. Ubah [highlight style=”label-default”]video format: MP4[/highlight], [highlight style=”label-default”]Resolution: 320p atau 480p[/highlight], [highlight style=”label-default”]Recording directory[/highlight] (direktori rekaman) terserah mau di ubah atau tidak. Jika mau di tempatkan di eksternal SD Card, tekan anak panah 3 kali, lalu pilih extSdCard dan pilih folder tempat untuk menyimpan rekaman.

Merekam aktivitas layar Android

6. Kamu juga bisa menampilkan pointer dengan memilih [highlight style=”label-default”]Video[/highlight] di menu Setting, lalu centang [highlight style=”label-default”]Show touches[/highlight]

Cara Merekam Layar Ponsel

7. Pengaturan selesai

8. Pilih tab [highlight style=”label-default”]Broadcast[/highlight]. Di sini kamu bisa melakukan dua hal, yaitu Record Screen (merekam layar) dan Broadcast (siaran)

9. Untuk melakukan broadcasting, kamu hanya perlu mengisi [highlight style=”label-default”]Title[/highlight] dengan judul siaran, dan [highlight style=”label-default”]Choose game[/highlight] (memilih game yang mau di mainkan), kemudian tekan tombol [highlight style=”label-default”]Broadcast[/highlight].

Cara layar menjadi video

10. Untuk merekam layar, pilih tulisan [highlight style=”label-default”]Record Screen[/highlight]

11. Untuk menghentikan rekamannya, kamu hanya perlu menekan tombol stop di Status Bar Android kamu.

12. Untuk melihat hasil rekaman, kamu bisa melihatnya di [highlight style=”label-default”]Recordings[/highlight] di menu profil kamu. Atau melalui video Galeri, atau di folder dimana kamu menyimpannya

Cara merekam layar Android menggunakan aplikasi Shou.TV ini membutuhkan versi Android 4.1 JellyBean dan di atasnya. Dan sudah di coba di Samsung Galaxy Young S6310.

Sangat di sarankan menggunakan smartphone dengan spesifikasi minimal RAM 1 GB agar berjalan lancar.

Bagaimana mudah kan?